Kamis, 21 Mei 2009

Linux Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Instalasi Linux Ubuntu :

Masukkan CD Program Ubuntu ke CD/DVD Device pada komputer, biarkan program tersebut loading(berjalan). Setelah selesai meloading, klik 2 kali dan kemudian ikuti langkah-langkah penginstalan secara otomatis dari program ubuntu tersebut.

Pada tahap pertama menginstal ubuntu akan muncul jendela untuk memilih bahasa yang digunakan dalam OS (biasanya didefault ke bahasa Inggris). Kemudian klik tombol forward

Untuk tahapan kedua akan muncul jendela peta dimana user tinggal, atau lokasi dimana user tinggal, dapat memilih kota dan negara dimana tinggal. Setelah memilih lokasi dan waktu, komputer akan otomatis mengatur sistem. Kemudian klik tombol forward.


Pada tahap ketiga, untuk memilih tampilan keyboard(setingan keyboard) biasanya diseting otomatis pada U.S. English. Kemudian klik tombol forward lagi untuk selanjutnya.



Tahap keempat, melakukan partisi dan format Hardisk. Instalasi ubuntu memberikan pilihan :

  1. Menggunakan dari sisa os yang ada, pilih option pertama : ” Guided - resize the partition and use the freed space”
  2. Menghapus semuaPartisi dan buat partisi baru, pilih pada option kedua :
    ”Guided- use entire disk”.
  3. Membuat partisi secara manual tanpa menghilangkan partisi yang sudah ada. Secara Manual biasanya dugunakan apabila membuat beberapa OS dalam satu Harddisk.
Kemudian jangan lupa tekan tombol Forward untuk menuju kejendela selanjutnya.



Pada bagian ini dilakukan untuk memilih pengaturan komputer, seperti Firefox bookmarks, wallpapers, Internet Explorer, Favorites, Yahoo Messenger or AOL Messenger contacts. Klik tombol Forward lagi untuk menuju ke jendela selanjutnya.

Pada tahap kedelapan ini kita harus mendeskripsikan nama, nama yang kita buat ini untuk log in ke OS Ubuntu.
Klik tombol Forward untuk menuju jendela selanjutnya



Selanjutnya kita akan diberi pertanyaan oleh sistem Ubuntu, siap untuk menginstal OS Ubuntu.
Klik tombol Install..


Setelah 8 menit proses penginstalan, kemudian windiw akan memberikan 2 option :
  1. Dilanjutkan dengan menggunakan Live CD
  2. Linux Ubuntu di copy kedalam harddisk

Pada tahap terakhir ini pilihlah tombol ”Restat now”, sistem operasi Ubuntu sudah selesai dan sudah dapat dipergunakan.Untuk konfigurasi maka di minta untuk restart ulang.

Tidak ada komentar: